Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Guru Honorer Diundang Sebagai Peserta PPG Daljab 2022 di SIM PKB

Sahabat Guru Honorer tidak diundang sebagai peserta PPG Daljab di SIM PKB? maka anda tepat sekali masuk dalam postingan saya kalini, bagaimana caranya agar diundang sebagai peserta? simak penjelasan berikut ini.


baru-baru ini direktur pendidikan profesi guru menerbitkan surat tentang pemutakhiran data ppg 2022 yang isinya tentang pemutakhiran data calon peserta ppg daljab 2022.

DOWNLOAD BUKU PANDUAN CALON PESERTA PPG

Berdasarkan permendikbud nomor 38 tahun 2020 agar bisa mendapatkan sertifikat pendidik, maka guru PNS maupun Non PSN wajib mengikuti PPG dalam jabatan. lalu pertanyaan bagaimana agar mendapatkan undangan sebagai peserta ppg dalam jabatan?

Persyaratan PPG Dalam Jabatan tahun 2022

  1. Terdata di dapodik
  2. TMT Peserta PPG maksimal 31 Desember 2015
  3. Memiliki NUPTK
  4. Guru Dalam Jabatan (CPNS/PNS/GTY/Honor Daerah)
  5. Kualifikasi Pendidikan Minimal S1
Jika sudah membaca surat diatas, maka salah satu Poin paling penting pada surat tersebut adalah pada bagian c yang isinya : Status kepegawaian dan jenis PTK melalui aplikasi dapodik dinas.

Pada poin tersebut guru honorer yang ingin terpanggil atau diundang sebagai peserta ppg daljab tahun 2022 melalui akun sim pkb, wajib mengubah Status kepegawaian dan jenis ptk di dapodik

Untuk Guru honorer, Pastikan jenis ptk di dapodik adalah guru mapel (guru smp), untuk guru sd dipilih Guru kelas. Selanjutnya status kepegawaian dipilih "(CPNS/PNS/GTY/Honor Daerah)" Bukan "guru honor sekolah" dan jika sudah lulus pppk, dan sk sudah terbit, maka status kepegawaian diubah menjadi pppk.


*Catatan penting : perubahan hanya bisa dilakukan melalui Admin dapodik Di Dinas Pendidikan melalui link berikut : https://datadik.kemdikbud.go.id/acc/login

Berikut ini admin bagikan soal-soal latihan Pretest PPG Guru SD, SMP dan SMA dalam bentuk format .pdf, melalui link download di bawah ini :

Download Soal Pretest PPG 1

Download Soal Pretest PPG 2

Download Soal Pretest PPG 3

Download Soal Pretest PPG 4

Download Soal Pretest PPG 5

Download Soal Pretest PPG 6


Demikian informasi kali ini tentang Bagaimana Cara Agar Guru Honorer Diundang Sebagai Peserta PPG Daljab 2022 di SIM PKB, semoga dapat membantu sobat guru honorer agar dapat mengikuti program PPG Dalam Jabatan di tahun 2022 ini.
Setiana
Setiana Hanyalah seorang pendidik dan menjalani profesi sebagai blogger biasa yang bercita-cita tinggi dan berusaha mencari hal yang baru.

5 komentar untuk "Cara Agar Guru Honorer Diundang Sebagai Peserta PPG Daljab 2022 di SIM PKB"

  1. Bagaimana cara agar sy dapat undangan PPG dalam jabatan tahun 2022

    BalasHapus
  2. terima kasih sangat membantu sekali infonya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih. Informasinya sangat berguna bagi kami yang sudah belasan tahun mengabdi, namun belum mendapat panggilan PPG. Semoga tahun ini beruntung. Amin

    BalasHapus
  4. Ingin.bergabung sebagai peserta PPG Daljab 2022 di SIM PKB

    BalasHapus
  5. Bagaimana agar bisa login karena lupa kata sandi nya

    BalasHapus