Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Supervisi dan Penilain Kinerja Guru (PKG) Revisi 2019

Download Modul Supervisi dan Penilain Kinerja Guru (PKG) Revisi 2019 - Berikut modul PKG serta Supervisi revisi 2019 untuk membekali kepala sekolah agar melaksanakan tugas supervisi terhadap guru dengan baik.

Modul Supervisi dan PKG Revisi 2019

Permendikbud Nomer 15 tahun 2018 mengenai Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah serta Pengawas Sekolah menjelaskan jika guru, kepala sekolah serta pengawas menjalankan beban kerja 40 jam dalam 1 minggu di unit administrasi pangkal, yang di jabarkan dalam pekerjaan inti masing-masing. Permendikbud Nomer 6 Tahun 2018 mengenai Penugasan Guru Menjadi Kepala Sekolah menyatakan jika kepala sekolah ialah guru yang mendapatkan tugas memimpin serta mengurus satuan pendidikan.

Modul Supervisi dan Penilain Kinerja Guru (PKG) Revisi 2019


Modul Supervisi serta Penilaian Kinerja Guru diatur untuk membekali kepala sekolah agar melaksanakan tugas supervisi kepada guru secara baik. Dalam Ketentuan Menteri Pendidikan Nasional nomer 13 tahun 2007 terkait Standard Kompetensi Kepala Sekolah dijelaskan ada lima kompetensi kepala sekolah, yakni kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, serta kompetensi supervisi.

Kepala sekolah ialah pemimpin serta sekaligus penanggung jawab terselenggaranya pembelajaran yang berkualitas di sekolah. Pembelajaran yang tinggi yang ditandai dengan kinerja yang baik.

Oleh karenanya, kepala sekolah harus mempunyai kemampuan untuk menjamin adanya proses peningkatan profesionalisme guru sekaligus juga melakukan penilaian kinerjanya. Satu diantara upaya penting dalam peningkatan pengembangan profesionalisme serta peningkatan kinerja guru di sekolah ialah supervisi kepada guru.

Selain itu kepala sekolah harus mempunyai pengetahuan serta ketrampilan dalam penerapan supervisi pada guru. Pada bagian lain, guru harus dinilai kinerjanya lewat proses Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).

Download Modul PKG dan Supervisi Revisi 2019


Modul ini mengulas khusus mengenai supervisi kepada guru serta PK Guru. Mengacu pada Permenneg PAN dan RB Nomer 16 Tahun 2009, PK Guru ialah penilaian dari setiap butir kegiatan tugas penting Guru dalam rencana pembinaan karier kepangkatan serta jabatannya.

Dua pekerjaan itu mempunyai arah dan pendekatan yang berlainan. Supervisi pada guru lebih berbentuk membantu guru dalam menangani kesulitan yang ditemui agar meningkatkan kualitas pembelajaran, sedang PK Guru lebih cenderung pada justifikasi kinerja guru.

Beberapa pendekatan, tehnik serta model supervisi pada guru yang dikerjakan dengan simultan di sekolah diharapkan berpengaruh pada peningkatan motivasi serta profesionalisme guru. Satu bentuk peningkatan profesionalisme guru ialah kinerja guru, yang diukur dengan mekanisme PK Guru.

Download Modul PKG dan Supervisi Revisi 2019 Klik DISINI

Demikian bahasan mengenai Modul PKG serta Supervisi Koreksi 2019 semoga bisa meningkatkan info berkaitan supervisi dan Penilaian Kapasitas Guru di tahun 2019.
Setiana
Setiana Hanyalah seorang pendidik dan menjalani profesi sebagai blogger biasa yang bercita-cita tinggi dan berusaha mencari hal yang baru.

Posting Komentar untuk "Download Modul Supervisi dan Penilain Kinerja Guru (PKG) Revisi 2019"