Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Gratis | RPP K13 SMP Kelas 7 (VII) lengkap Semester 1 dan 2 Revisi 2018

Download RPP K13 SMP Kelas 7 Semester 1 dan 2 Revisi 2018 | Seiring bergulirnya waktu, kurikulum lama, atau kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) telah dirasa tidak cocok untuk dilaksanakan lagi. Maka, kurikulum baru yang lebih menitikberatkan pada keaktifan siswa layak untuk dikembangkan dan dipakai dalam proses pembelajaran.

RPP K13 SMP Kelas 7 (VII) lengkap Semester 1 dan 2 Revisi 2018

Kurikulum 2013 menjadi kurikulum baru pengganti kurikulum KTSP. Pada kurikulum baru ini, siswa diharapkan lebih aktif, memiliki pikiran yang lebih kritis, dan diharapkan mampu menciptakan sesuatu yang baru berdasarkan ilmu yang didapat.

Tentang RPP Kurikulum 2013 SMP Kelas 7 Revisi


Pada tahun 2018, kurikulum 2013 mengalami perubahan atau revisi. Revisi ini bertujuan untuk menjadikan kurikulum baru ini lebih luwes untuk diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia.

Untuk tingkat SMP kelas 7, RPP k13 SMP Kelas 7 revisi 2018 sangat banyak dicari karena RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah salah satu komponen penting dalam sebuah pembelajaran.

Pelajaran untuk tingkat SMP kelas 7 pada kurikulum 2013 revisi tahu 2018 ini tidak berbeda jauh dengan mata pelajaran pada kurikulum KTSP. Mata pelajaran tersebut yaitu:
1. Bahasa Indonesia
2. Prakarya atau Rekayasa
3. Bahasa Inggris
4. IPA
5. IPS
6. Matematika
7. PPKn
8. Pendidikan Agama
9. Penjasorkes
10. Seni Musik
11. Seni Rupa
12. TIK

Untuk tingkat SMP kelas 7 ini, guru harus melakukan beberapa tahapan pembelajaran. Dalam RPP k13 SMP Kelas 7 revisi 2016, harus tertuang beberapa tahapan seperti yang tertuang di bawah ini:

1. Kegiatan Apersepsi
Dalam kegiatan ini, guru harus memberitahukan indikator untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan. Selain itu, guru juga harus menciptakan pikiran positif kepada seluruh siswa. Guru juga harus menjelaskan peranan siswa dalam penyelesaian masalah, pentingnya soft skill, dan pentingnya bertanya jika ada hal yang belum dimengerti.

2. Kegiatan Penyelesaian Masalah secara Edukatif
Dalam tahap ini, guru harus membentuk kelompok-kelompok kecil dan meminta para siswa untuk menemukan, mengajukan, memahami, dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah.

3. Kegiatan Presentasi
Di tahap ini, guru harus memberi kesempatan pada kelompok-kelompok siswa untuk mempresentasikan hasil dari kerja sama dalam penyelesaian masalah tersebut di depan kelas. Dengan kata lain, guru mendorong siswa untuk menyajikan hasil pekerjaannya.

4. Kegiatan Temuan Objek Matematika dan Penguatan Skemata Baru
Di tahap ini, guru harus memberi arahan kepada siswa untuk membangun prinsip dan konsep secara ilmiah.

5. Kegiatan Analisis dan Evaluasi
Di tahap ini, guru harus membimbing siswa untuk mengkaji ulang hasil yang sudah mereka dapatkan.

Download RPP K13 SMP Kelas 7 (VII) Semester 1 dan 2 Revisi 2018


Demikianlah dasar-dasar pengajaran yang harus dipenuhi oleh seorang guru di dalam penyusunan RPP k13 SMP Kelas 7 revisi 2016. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat.
Setiana
Setiana Hanyalah seorang pendidik dan menjalani profesi sebagai blogger biasa yang bercita-cita tinggi dan berusaha mencari hal yang baru.

Posting Komentar untuk "Download Gratis | RPP K13 SMP Kelas 7 (VII) lengkap Semester 1 dan 2 Revisi 2018"