Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek Rapor Pendidikan Kemdikbudristek 2022

Melalui siaran langsung dalam kanal Youtube Kemdikbud.ri Merdeka Belajar Episode 19 :  Rapor Pendidikan Indonesia telah resmi diluncurkan. Kemeterian Pendidikan Kebudayaam Riset dan Teknologi (Kemedikbudristek) telah menyelenggarakan Asesmen Nasional (AN) sebagai salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang berfokus pada kompetensi literasi, numerasi dan karakter, serta penilaian kondisi lingkungan belajar yang mendukung proses pembelajaran yang efektif.

Asesmen Nasional

Asesmen Nasional terdiri dari 3 aspek penilaian yaitu meliputi Kompetensi literasi-numerasi, karakter, dan lingkungan pembelajaran.  Asesmen diikuti oleh peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia.

Kompetensi Asesmen Nasional

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi

Pengukuran kompetensi literasi dan numerasi pada peserta didik.

Asesmen berfokus pada pengembangan daya nalar dibanding pengetahuan konten.

2. Survey Karakter

Survei terhadap sikap, nilai, dan kebiasaan yang mencerminkan profil Pelajar Pancasila.

Basis untuk tumbuh kembang peserta didik secara utuh dan tidak hanya berfokus pada dimensi kognitif.

3. Survey Lingkungan Belajar

Pengukuran terhadap kualitas pembelajaran, refleksi pendidik, perbaikan praktik belajar, iklim keamanan dan inklusivitas satuan pendidikan, dan latar belakang keluarga peserta didik.

Rapor Pendidikan

Rapor Pendidikan adalah alat bantu bagi satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk terus memperbaiki kualitas layanan pendidikan, bukan untuk menghakimi atau membanding – bandingkan. 

Rapor Pendidikan menampilkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah yang didapat dari berbagai asesmen atau survei nasional. 

Sebagai bentuk penyempurnaan dari Rapor Mutu, Rapor Pendidikan diharapkan bisa menjadi acuan untuk mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh. Rapor Pendidikan adalah sebuah platform yang menyajikan hasil asesmen nasional dan data lain mengenai capaian hasil belajar satuan pendidikan ke dalam suatu tampilan terintegrasi. 

Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan Pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data. 

Perlu kita pahami, bahwa sejatinya Rapor Pendidikan merupakan perangkat untuk mencari akar permasalahan, Refleksi, Didiskusikan secara konstruktif dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan

Kemendikburistek resmi meluncurkan platform Rapor Pendidikan dan sudah dapat diakses melalui perangkat Anda. Rapor Pendidikan hadir sebagai sumber data tunggal dan terintegrasi dari berbagai data seperti seperti Asesmen Nasional, Dapodik, dan survei pendidikan tingkat nasional lainnya.

Untuk mengakses Rapor Pendidikan Anda silahkan klik pada laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app 

Demikian postingan kali ini tentang Cara cek Rapor Pendidikan Kemdikbudristek 2022, semoga bermanfaat.

Setiana
Setiana Hanyalah seorang pendidik dan menjalani profesi sebagai blogger biasa yang bercita-cita tinggi dan berusaha mencari hal yang baru.

Posting Komentar untuk "Cara cek Rapor Pendidikan Kemdikbudristek 2022"