Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Soal PPPK .pdf

Apakah kamu sudah tahu materi apa saja yang harus dipelajari agar semakin siap menghadapi tes PPPK nanti? Jika kamu belum tahu, jangan khawatir, karena kita punya kisi-kisi soal PPPK yang bisa jadi panduan kamu untuk belajar. 

DOWNLOAD KISI-KISI MATERI PPPK TAHAP III DISINI

Kisi-kisi soal PPPK

Belum lama ini, Kemenpan-RB mengeluarkan 3 peraturan menteri mengenai pelaksanaan seleksi ASN, salah satunya PPPK. Peraturan tersebut terutang dalam Permenpan, di mana peraturan ini juga sudah disosialisasikan secara luas. 

Dalam peraturan tersebut juga berisikan kisi-kisis soal PPPK. Secara umum, seleksi PPPK jabatan fungsional tetap akan menjalankan tiga jenis tes, yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural. Namun, tentu saja materi yang diujikan ada yang mengalami perubahan. 

Untuk itu agar memudahkan kita belajar, berikut ini kisi-kisi soal PPPK berdasarkan Permenpan:

1. Kompetensi Teknis

Materi kisi-kisi soal PPPK untuk kompetensi teknis berisikan penguasaan pengetahuan,keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

2. Kompetensi Manajerial

Penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

  1. Integritas;
  2. Kerjasama;
  3. Komunikasi;
  4. Orientasi pada hasil;
  5. Pelayanan publik;
  6. Pengembangan diri dan orang lain;
  7. Mengelola perubahan; dan
  8. Pengambilan keputusan.

3. Kompetensi Sosio Kultural

Materi dalam kompetensi ini akan berisikan, penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

  • Kepekaan terhadap perbedaan budaya;
  • Kemampuan berhubungan sosial;
  • Kepekaan terhadap konflik; dan
  • Empati.

Selain itu, setelah kamu melewati tahap tes seleksi kompetensi, kamu juga akan mengikuti tahap seleksi wawancara, di mana tahap ini dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas dan dilaksanakan dengan metode CAT.

DOWNLOAD PREDIKSI SOAL SEUSAI DENGAN KISI-KISI PPPK.pdf

Itulah yang mimin bagikan tentang Download Kisi-kisi Soal PPPK .pdf semoga bermanfat, jangan lupa bagi yang akan mengikuti tes PPPK tahap 3 tetap semangat dan rajin belajar, salam belajar.

Setiana
Setiana Hanyalah seorang pendidik dan menjalani profesi sebagai blogger biasa yang bercita-cita tinggi dan berusaha mencari hal yang baru.

Posting Komentar untuk "Download Kisi-Kisi Soal PPPK .pdf"