Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakta Integritas Rapor Mutu PMP 2020 dan Supervisi Pengawas Sekolah

Pakta Integritas Rapor Mutu PMP 2020 dan Supervisi Pengawas Sekolah | Apakah Pengawas Anda telah melakukan pakta integritas? Sebelum membuka menu ini, silakan pastikan bahwa Pengawas Sekolah Anda telah melakukan pakta integritas rapor mutu. itulah pokok pembahasan dalam postingan kali ini.
Pakta Integritas Rapor Mutu PMP 2019 dan Supervisi Pengawas Sekolah

Setelah Pacth Aplikasi PMP versi 2019.12.18 resmi dirilis pada tanggal 15 Desember 2019 akhirnya sudah banyak memberikan solusi masalah pada sobat operator sekolah atau yang ditugaskan khusus untuk menjadi admin PMP disekolah masing-masing walaupun dengan rilisnya pacth terbaru tersebut masih banyak masalah baru yang timbul akan tetapi sudah mengurangi beban admin sekolah.

Pada progres pengiriman sudah banyak yang berhasil melakukan sinkronisasi walaupun masih banyak juga yang belum melakukan pengiriman mungkin belum selesai mengisi kuesioner EDS atau bisa jadi masih ada masalah dengan aplikasinya.
Baca Juga : Cara mengerjakan Isian Kuesioner PMP 2019.12.18 dengan cepat faster PMP

Bagi sekolah yang sudah selesai dan berhasil siknronisasi apa langkah selanjutnya...?

Pertanyaan itulah yang akan admin bahas kali ini, ternyata pekerjaan kita sebagai operator sekolah tidak hanya sampai mengirim siknronisasi berhasil saja, akan tetapi masih ada langkah berikutnya yang harus dikerjakan diantanya :

1. Menghitung Rapor Mutu

Setelah semua isian kuesioner EDS Dikdasmen selesai dikerjakan oleh 1 Operator Sekolah (Isian kepala Sekolah), 10 Guru, 15 Siswa dan 3 Komite sekolah kita harus menghitung rapor mutu melalui aplikasi PMP versi 2019.12.18, kemudian kita baru bisa melihat hasil rapor mutu yang terdiri dari 8 standar nasional pendidikan (SNP). berikut contoh hasil rapor mutu yang sudah berhasil di hitung.

HITUNG RAPORT MUTU SEKOLAH PMP 2019
HITUNG RAPORT MUTU SEKOLAH PMP 2020

2. Pakta integritas


Setelah berhasil menghitung dan melihat hasil rapor mutu sekolah masuk kelangkah selanjutnya yaitu pada bagian menu Pakta Integritas, nah pada pakta integritas pasti akan muncul pertanyaan berikut ini:

" Apakah Pengawas Anda telah melakukan pakta integritas?
Sebelum membuka menu ini, silakan pastikan bahwa Pengawas Sekolah Anda telah melakukan pakta integritas rapor mutu. "

Untuk melakukan Pakta Integritas Rapor Mutu PMP 2020 oleh Pengawas Sekolah silahkan pihak sekolah menghubungi pengawas binaan masing-masing sekolah, jika sekolah tidak mengetahui pengawas pembinanya anda bisa melihatnya pada bagian  menu "Verval dan Supervisi" pilih Hasil Supervisi di aplikasi PMP versi terbaru 2019.12.18.

Jika pada bagian menu Hasil Supervisi tidak terdapat nama Pengawas Sekolah silahkan pihak sekolah bisa menghubungi pihak LPMP masing-masing daaerah untuk dimappingkan sekolah binaannya kepada pengawas terkait.

3. Verval dan Supervisi Pengawas Sekolah Binaan

Verifikasi dan validasi supervisi pengawas merupakan langkah terakhir, tapi tenang sobat operator, yang malakukan verval dan supervisi adalah pengawas sekolah, jadi operator tidak perlu melakukan verval dan supervisi.

Untuk tahapan akhir menyelesaikan progam penjamin mutu pendidikan melalui isian kuesioner EDS Dikdasmen adalah mencetak Pakta Integritas sekolah pada menu raport mutu > pakta integritas. isi dari pakta integritas sekolah sebagi berikut :

PAKTA INTEGRITAS SEKOLAH
Tanggal .............................., pukul ..........

Dengan ini Saya sebagai Kepala Sekolah NAMA SEKOLAH menyatakan bahwa data yang diisi pada kuesioner pemetaan PMP tahun pendataan 2019 telah diperiksa kebenarannya dan telah sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Saya sepenuhnya siap bertanggung jawab apabila di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian antara data yang diisi di kuesioner pemetaan PMP dengan fakta yang ada di lapangan, dan Saya siap menerima sanksi moral, sanksi administrasi, dan sanksi hukum sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Penanggungjawab
Kepala Sekolah.

Nah itulah langkah-langkah setelah selesai mengisi isian kuesioner pemetaan PMP 2019 dan tahap terakhir silahkan cetak hasil raport mutu 2019 melalui web resmi PMP atau bisa melalui link berikut ini : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Bagi sobat OPS yang belum bisa sinkron silahkan baca : Update Aplikasi PMP Versi 2019.12.18 | Panduan Sinkronisasi EDS Offline

Demikianlah postingan kali ini tentang Pakta Integritas Rapor Mutu PMP 2019 oleh Pengawas Sekolah dan langkah selanjutnya setelah selesai siknronisasi berhasil, semoga postingan ini bermanfaat, jika ada kesalahan dalam keterangan saya ini silahkan bisa memberi masukan dalam kolom komentar dibawah ini.
Setiana
Setiana Hanyalah seorang pendidik dan menjalani profesi sebagai blogger biasa yang bercita-cita tinggi dan berusaha mencari hal yang baru.

3 komentar untuk "Pakta Integritas Rapor Mutu PMP 2020 dan Supervisi Pengawas Sekolah"

  1. Bagaimana mengisi pakta integritas rapot mutu sebagai pengawas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gimana min? saya belum nemu menunya untuk pakta integritas pengawas ni.. mohon bantuannya.

      Hapus
  2. saya sudah centang untuk pakta integritas pengawas tetapi ketika saya mau melakukan pakta integritas kepala sekolah kok gak bisa saya centang yang bagian "saya setuju..........." dan tab pakta integritas ya. mohon solusinya dong

    BalasHapus