Kumpulan Kisi-kisi Lengkap TKD CPNS TWK TIU TKP

Materi Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) Sejarah Pembentukan Pancasila Untuk CPNS

Sejarah Pembentukan Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara - Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ideologi dan dasar negara kita adalah Pancasila. Pancasila terdiri dari lima sila. Lima sendi utama (Sila) penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke 4 Preambule (Pembukaan) UUD1 945.

Selengkapnya bisa anda unduh DISINI


Untuk Mendapatkan Kisi0kisi TKD CPNS TWK TIU TKP Silahkan langsung KLIK DISINI (link google drive) file PDF


Materi Tes Karakter Pribadi

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) atau Tes Skala Kematangan merupakan sebuah tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kematangan sikap (tingkat kedewasaan) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, tes ini merupakan adaptasi dari Test of Adultness atau Maturity Test. Sedangkan fungsi tes ini dalam seleksi pekerjaan / seleksi CPNS adalah untuk menggali pengetahuan, keterampilan, sikap / perilaku peserta ujian juga untuk mengetahui sejauh mana tingkat stabilitas emosi dan kedewasaan seseorang. Adapun materi yang diujikan biasanya menekankan pada aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang profesional. Aspek-aspek kedewasaan yang kerap diujikan dalam tes ini adalah:

  • Aspek Integritas Diri
  • Aspek penghargaan terhadap orang lain
  • Aspek kemampuan menggerakan dan mengkoordinir orang lain
  • Aspek kreativitas dan inovasi
  • Aspek ketekunan
  • Aspek pengendalian diri
  • Aspek kemampuan beradaptasi
  • Aspek kemampuan bekerja dalam kelompok
  • Aspek tanggung jawab
  • Aspek kejujuran
  • Aspek integritas
  • Aspek efisiensi kerja / skala prioritas
  • Aspek kreatifitas kerja
  • Aspek inisiatif
  • Aspek semangat berprestasi
  • Aspek kepedulian lingkungan
  • Aspek kepekaan terhadap orang lain
  • Aspek toleransi
  • Aspek kepercayaan diri
  • Aspek orientasi pada pelayanan

Perlu dipahami, Penilaian dalam Tes Karakter Pribadi (TKP) ini pada dasarnya tidak ada jawaban yang benar dan salah, karena aspek penilaian didasarkan pada jumlah nilai (skor) yang diperoleh. Kemampuan analisis masalah dan pemilihan jawaban dengan kemungkinan terbaik sangat diperlukan dalam tes TKP agar jawaban yang dipilih mempunyai bobot nilai yang tinggi. dimana biasanya skala penilaian dalam tes TKP adalah dari angka 1 sampai angka 5. berikut tips dan trik dalam Tes Karakter Pribadi.

Tips dan Trik dalam Tes Karakter Pribadi (TKP)

  1. Pilihlah jawaban yang terbaik meskipun jawaban itu tidak mencerminkan sifat / karakter / kepribadian anda, misalnya : menjaga kepercayaan, kreatif, tidak terburuburu, mengutamakan toleransi dan membuang samapah pada tempatnya.
  2. Untuk tipe soal dengan dua pilihan jujur dan konsisten, pilihan yang konsisten cenderung lebih diperlukan karena kadang soal akan diulang, jika anda memilih jujur maka bisa dimungkinkan tidak konsisten apabila soal diulang di nomor lain.
  3. Biasanya dalam tes tersedia juga soal-soal penjebak yang digunakan untuk mengetahui kondisi peserta tes saat mengerjakan. Apakah asal-asalan, bohong atau jujur. pilihlah jawaban yang paling mendekati, baik dan konsisten, karena soal-soal tersebut dapat diulang pada nomor-nomor berikutnya dengan redaksional yang berbeda-beda namun memiliki makna sama.
  4. Lihat indikator / aspek yang ada pada soal. misalkan saja indikator integritas maka pilihlah jawaban yang didalamnya mengandung unsur integritas seperti jujur, tegas dan disiplin, contohnya kedisiplinan terhadap pekerjaan dan ketegasan terhadap peraturan. Namun jika indikator tidak di munculkan pada soal maka periksalah jawaban jawabannya, karena jawaban inilah yang menggambarkan indikator indikator soal tes karakteristik pribadi.
  5. Pilihlah jawaban yang menurut anda adalah jawaban dengan kemungkinan ter-baik.
  6. Karena Tes Karakter Pribadi (TKP) bukan tes benar dan salah, maka sebisa mungkin kerjakan seluruh soal yang ada.


Setelah anda mengetahui 6 Tips dan Trik dalam Tes Karakter Pribadi (TKP) selanjutnya kita akan menjelaskan tiap poin Aspek-aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam Tes Karakter Pribadi, Lengkap dengan Contoh Soal dan Pembahasan.

Aspek Kedewasaan yang Sering Diujikan Dalam TKP

Aspek Integritas Diri

Integritas (jujur, tegas, disiplin) merupakan suatu keadaan yang menunjukkan konsistensi antara perilaku dengan tindakan seseorang apakah sesuai dengan norma yang berlaku atau tidak. Aspek ini bertujuan untuk mengukur tingkat kejujuran dan kualitas moral seseorang dalam kesehariannya. Keberadaan integritas dalam diri seseorang dipandang sangat penting karena dapat digunakan sebagai acuan untuk berperilau secara baik dalam menjalankan peran serta dan fungsi seorang individu dalam masyarakat. Semakin tinggi nilai integritas diri seseorang maka semua pihak akan semakin segan dan menghormatinya.

Contoh 1:
Rekan saya meminta saya memalsukan tanda tangan presensi. Sikap saya ...
A. Menuruti permintaannya karena dia rekan yang baik.
B. Menegurnya agar tidak melakukan kecurangan presensi.
C. Melaporkannya pada atasan agar atasan menegurnya.
D. Meminta rekan lain untuk memalsukan tanda tangannya.
E. Menolak permintaannya dan membiarkan kolom presensinya kosong.
Pembahasan:
Jawaban dengan skor tertinggi adalah Menegurnya agar tidak melakukan kecurangan presensi.
Urutan skor tertinggi:
 B = 5
 C = 4
 E = 3
 A = 2
 D = 1


Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Kisi-kisi Lengkap TKD CPNS TWK TIU TKP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel