Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara aktivasi akun belajar.id jenjang PAUD, SD, SMP, SMK, SLB dan Kesetaraan

Apa sih Akun belajar.id? Akun belajar.id merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD). 

Akun ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. keterangan lebih lanjut tentang hal tersebut dapat disimak di web resminya, belajar.id

Peluncuran Akun belajar id ini secara resmi dilaksanakan bulan desember tahun 2021 oleh Kemendikbud bersama dengan Kominfo dan Kemenag.

Akun belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan Akun Pembelajaran, kamu bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Cara Aktivasi Akun belajar.id @belajar.id untuk siswa, guru dan tenaga kependidikan dari Kemendikbud

Langkah Pertama : Operator atau Admin dapodik mengunduk akun belajar.id melalui laman pd.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun sekolah yang sudah terdaftar dan setelah berhasil masuk silahkan sobat operator pilih pada menu "unduh akun" silahkan download akun peserta didik dan akun PTK. jika kurang jelas silahkan lihat gambar berikut ini :


Langkah Kedua : Buka halaman mail.google.com di google chrome atau yang lainnya, bisa dibuka melalui laptop ataupun android bapak/ibu,  lalu masukkan nama akun dan pasword yang Anda dapatkan daro admin sekolah anda. lihat gambar berikut ini :

Langkah Ketiga : Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti pasword Akun Pembelajaran Anda. Jangan lupa ingat baik-baik password tersebut, bila perlu CATAT.

Langkah Kempat : jika sudah mengganti pasword akun dengan yang baru maka akun anda sudah ter aktivasi, Selamat! Anda sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Anda.

Untuk cara cek akun belajar.id anda sudah aktif atau belum silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. kunjungin lama berikut ini : belajar.id
  2. masukan nama lengkap yang terdaftar di dapodik
  3. masukan nama ibu kandung
  4. pilih tipe pengguna
  5. masukan tanggal lahir
  6. masukan NPSN sekolah dan klik "Periksa Akun Pembelajaran"
lihat contoh akun yang sudah teraktivasi berikut ini :


Meskipun akun ini bersifat opsional, sayang jika tidak diaktifkan. Kenapa sayang? Tentunya informasi-informasi resmi, dan akses masuk pasti akan sering menggunakan akun ini, sebut saja Rumah Belajar bisa Sign Up dengna akun belajar ini. Selain itu, karena Akun Pembelajaran ini jenis akun G-Suite, tentunya kapasitas simpannya tidak hanya 15 GB kan?

Posting Komentar untuk "Cara aktivasi akun belajar.id jenjang PAUD, SD, SMP, SMK, SLB dan Kesetaraan"