Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pengisian PMP untuk Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Komite Secara Online 2019

Panduan Pengisian PMP untuk Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Komite Secara Online 2019 | Pengisian kuesioner PMP sekolah dilaksanakan secara online.

Jika di tahun sebelumnya operator sekolah harus menginstal aplikasi PMP di laptop yang juga terdapat apliksi dapodik, sekarang semua laptop atau komputer bisa mengakses PMP dan bisa login secara langsung.

Artinya pekerjaan tidak terpusat pada satu laptop, tapi bisa dilakukan bersama-sama oleh semua responden diantaranya Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Komite dalam satu waktu.

Sisi positinya tentu saja hal ini akan mempercepat pekerjaan karena tidak harus dikerjakan di laptop yang berdapodik saja.

Tapi hal lain yang dikhawatirkan adalah kemampuan server PMP pusat, apakah server mampu menampung pekerjaan yang banyak dalam rentang waktu yang sama? Kita tunggu saja nanti bagaimana hasilnya.

Cara pengisian kuesioner PMP daring pada prinsipnya sama saja dengan pengisian secara offline di aplikasi PMP tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya, kalau dulu pengisian bisa dilakukan secara ofline (tak terhubung jaringan internet kecuali untuk kirim data), sekarang harus selalu terhubung dengan internet.
Panduan Pengisian PMP

Untuk panduan pengisian Kuesioner PMP kepala sekolah, guru, siswa dan komite sekolah akan saja jelaskan satu persatu, langsung saja silahkan simak cara mengisi kuesioner PMP secara daring/online di tahun 2019 ini.

1. Pengsian Kuesioner PMP Kepala Sekolah


Pengisian Kuesioner PMP kepala sekolah menyatu menggunakan login user dapodik sekolah (user dan pasword kayaknya masih menggunakan dapodik yang lama), untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti langkah berikut ini :

1. Silahkan buka halaman PMP Online (EDS Daring) bisa langsung klik link ini http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/ lihat gambar berikut ini :


Halaman Login PMP online 2019
Halaman Login PMP online 2019

2. Silahkan masukan username dan pasword sesuai dengan akun dapodik sekolah masing-masing.
3. Jika sudah berhasil login Perhatikan gambar berikut ini, fokus pada lingkarab merah


Pastikan pada tahun pendataan adalah tahun 2019, jika masih 2018 silahkan klik pada tanda panah dan pilih tahun sekarang.

Menu utama PMP daring Online 2019
Menu utama PMP daring Online 2019

4. Perhatikan gambar di atas. pada menu beranda, disitu sudah disediakan menu utama mulai dari manajemen pengguna, Tukar pengguna, Perangkat kuesioner, Pengecekan Akhir, peringkat pengisian, Hitung raport mutu, hasil rapor mutu, pakta integritas, hasil Verval, hasil supervisi dan laporan saran.

Setiap menu mempunyai kegunaan masing-masing, akan tetapi karena admin admin hanya membahas cara pengisian kuesioner PMP maka tidak saya jelaskan satu persatu.

5. silahkan pilih dan klik "Perangkat Kuesioner" pada menu utama maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Halaman Pengisian Kuesioner PMP Kepala Sekolah Online 2019
Halaman Pengisian Kuesioner PMP Kepala Sekolah Online 2019

Silahkan klik dan pilih lanjutkan rincian atau lanjutkan untuk memulai pengisian kuesioner PMP Kepala Sekolah, untuk tahap berikutnya sama prosesnya dan pastikan pada persentase harus mencapai 100% semua, jangan lupa setiap melakukan pengisian klik "SIMPAN" pada pojok sebalah kanan bawah.

2. Pengsian Kuesioner PMP untuk Guru


Untuk pengisian PMP untuk guru sebenarnya langkah-langkahnya sama dengan pengisian kuesioner kepala sekolah, bedanya hanya untuk guru menu lebih sedikit, untuk tahapan pengisian kuesioner guru silahkan ikuti langkah berikut ini :

1. Silahkan buka halaman PMP Online (EDS Daring) bisa langsung klik link ini http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/ lihat gambar diatas pada halaman login PMP

2. Masukan Username dan Pasword akun PTK guru yang telah dibuat melalui aplikasi dapodik oleh operator sekolah masing-masing, jika guru tidak tau silahkan tanyakan langsung ke operatornya.

3. Jika sudah berhasil login maka akan muncul tampilan beranda seperti dibawah ini :

Halaman bernda PMP untuk Guru
Halaman bernda PMP untuk Guru

4. Perhatikan halaman beranda PMP guru, Silahkan klik menu perangkat kuesioner dan klik maka akan muncul tampilan rincian seperti isian kuesioner kepala sekolah, selanjutnya ikuti langkah-langkah pengisian seperti cara diatas pada pengisian untuk kepala sekolah, jangan lupa klik simpan setiap selesai mengisi kuesioner.

Untuk pengisian kuesioner PMP siswa dan komite sekolah langkah-langkahnya sama seperti pengisian pada PMP untuk guru, silahkan lakukan langkah yang sama. jika pengisian guru, siswa dan komite sekolah sudah selesai maka bisa di cek di akun PMP kepala sekolah.

Untuk lebih jelasnya silahkan bapak/ibu bisa mendownload materi tentang Pengisian Kuesioner PMP secara lengkap melalui link dibawah ini :

  • Download Petunjuk Pelaksanaan PMP Oleh Satuan Pendidikan Klik Disini
  • Download Perangkat Instrumen PMP 2019 untuk tingkat SD Klik DISINI 
  • Download Perangkat Instrumen PMP 2019 untuk tingkat SMP Klik DISINI 
  • Download Perangkat Instrumen PMP 2019 untuk tingkat SMA Klik DISINI 

Demikian postingan tentang Panduan Pengisian PMP untuk Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Komite Secara Online 2019 semoga bisa bermanfaat bagi semua guru dan siswa agar tujuan mutu pendidikan di Indonesia bisa lebih baik lagi, jangan lupa tinggal komentar dibawah.
Setiana
Setiana Hanyalah seorang pendidik dan menjalani profesi sebagai blogger biasa yang bercita-cita tinggi dan berusaha mencari hal yang baru.

Posting Komentar untuk "Panduan Pengisian PMP untuk Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Komite Secara Online 2019"